Apakah Saya Kerap Menghindari Situasi Secara Halus ?

Menghindar merupakan sebuah tindakan menjauhkan diri dari stimulus yang tidak menyenangkan. Seringkali kita melakukannya sebagai usaha untuk mencegah pengalaman negatif seperti perasaan cemas, gelisah, atau terhina. Dalam beberapa kasus klinis seperti trauma, menghindar dari pengalaman traumatis dapat membantu mereka menghindari perasaan kewalahan yang kuat.

Namun, pada situasi yang lebih umum, upaya menghindar dapat lebih banyak merugikan kita. Ketika kita terus menghindar, kita mungkin tidak akan tahu kapasitas kita dalam menghadapi sebuah masalah. Dalam pikiran kita, secara tidak sadar kita mungkin mengkategorikan hal-hal yang harus kita hindari. Lama kelamaan semakin banyak situasi yang kita masukkan dalam ruang “Hindari”. Hal ini kemudian dapat mencegah kita untuk sepenuhnya terlibat dengan aktivitas kita.

Perilaku menghindar bukan hanya tindakan yang jelas-jelas terlihat, misalnya seperti menolak berpartisipasi dalam sebuah acara karena Anda ingin menghindar dari kecanggungan, atau menolak proyek besar agar Anda terhindar dari rasa dipermalukan. Tindakan menghindar juga bisa dilakukan dengan halus sehingga Anda sendiri mungkin tidak menyadari bahwa Anda sebenarnya sedang menghindar dari sebuah situasi.

Konsultasi dengan psikolog sekarang

Tidak sepenuhnya hadir

Tubuh saya ada di sini, tetapi secara mental pikiran saya berada di tempat lain. Kita dapat menghindari situasi yang sedang kita jalani. Salah satunya dengan tidak sepenuhnya hadir atau berpartisipasi dalam kegiatan Anda. Sebagai contoh, seseorang merasa cemas untuk hadir dalam reuni kampus. Dia sebenarnya tidak ingin datang, namun ia juga merasa tidak enak jika dia tidak hadir. Makanya, ia memutuskan untuk mengikuti reuni tersebut. Ketika acara, ia berada bersama teman-temannya namun pikirannya berada di tempat lain. Dia terus berusaha memikirkan kegiatan yang bisa dia lakukan di rumah atau merencanakan alasan untuk pulang lebih awal.

Bersembunyi di balik kalimat self-care

Aktivitas itu akan mengganggu kedamaian saya, jadi saya tidak akan melakukannya. Istilah self-care menjadi istilah yang populer saat ini. Tidak jarang orang menggunakannya untuk menutupi atau menghindari ketidaknyamanan. Iya memang, self-care penting untuk dilakukan sebagai upaya menjaga kesehatan mental Anda. Tapi bukan berarti Anda tidak boleh berhadapan dengan situasi tidak menyenangkan. Terkadang kita perlu untuk berjuang. Sehingga, self-care seharusnya tidak menghalangi Anda melatih kapasitas untuk bertumbuh dan membangun kekuatan diri Anda.

Apakah kamu pernah melakukan hal-hal di atas? Jika demikian, tidak apa-apa. Yang lebih penting adalah bagaimana Anda menyadari tindakan menghindar secara halus yang pernah Anda lakukan, serta belajar bagaimana mengatasinya. Anda juga dapat memproses hal ini bersama Psikolog profesional Anda di HatiPlong!

Lihat artikel psikologi lainnya