Kekuatan dari Kedisiplinan

Hai sobat HatiPlong! Tahukah kamu tentang prokrastinasi? Sebutan lainnya adalah penundaan pekerjaan atau menunda mengerjakan sesuatu karena alasan yang tidak penting atau tidak dibutuhkan.

Konsultasi dengan psikolog sekarang

Pada dasarnya banyak faktor penyebab seseorang melakukan prokrastinasi, tidak hanya dikarenakan oleh rasa malas. Salah satunya adalah tidak bisa mengendalikan diri untuk melakukan hal lain terlebih dahulu. Hal ini dapat kita sebut sebagai ketidakdisiplinan diri. Sudah tahu ada prioritas yang harus dikerjakan, tetapi memilih untuk menundanya. 

Baca juga: Tips Mengatasi Prokrastanasi

Lalu gimana ya, supaya kita bisa lebih disiplin? 

Ketika kita sudah tahu tips-tips mengatasi prokrastinasi, kita segera menerapkannya. Kendalikan pikiran diri sendiri untuk memfokuskan pada kata-kata “Coba dulu, yuk lakukan! Kalau salah atau gagal, anggaplah itu sebagai proses untuk mencapai kesuksesan.”

Buat postnote atau alarm di kalender yang berisikan hal-hal yang perlu dilakukan lebih dulu. Mana sih pekerjaan yang paling penting dan urgensi? Kerjakan itu dulu. 

Jika ada gangguan dari faktor luar bagaimana? 

Sampaikan kepada orang sekitar apabila kamu butuh konsentrasi dan tidak boleh diganggu, hal ini juga merupakan cara untuk berkomunikasi asertif (yaitu kemampuan untuk menyampaikan apa yang diinginkan, dirasakan, dan dipikirkan kepada orang lain dengan rasa hormat tanpa menyakiti ornag lain). 

Apabila masih gagal mendisiplinkan diri, cobalah untuk rileks terlebih dahulu agar lebih tenang, dan coba lagi untuk meningkatkan tekad untuk bekerja.  Ingat kembali dan pertanyakan pada diri sendiri, “Mau sampai kapan kamu melakukan ini?” Apakah dengan menunda membuat pekerjaan selesai ? Tentu tidak. 

Kedisiplinan diri butuh keberanian, yaitu berani menghadapi resiko apapun yang ada. 

Setidaknya sudah mencoba, daripada tidak sama sekali 🙂