Share with on:

Fakta mengenai orang-orang yang mencari bantuan psikologis: Mari ubah stigma dalam mencari bantuan profesional

vector dot 1
Fakta mengenai orang orang yang mencari bantuan psikologis Mari ubah stigma dalam mencari bantuan profesional

There’s a stigma on the word therapy. People relate it to big problems. That’s something we have to change. Going to therapy can be very healthy. It can change how you see things and treat others.” –Juan Pablo Galavis.

Mencari bantuan profesional dalam bidang psikologis seringkali masih diwarnai dengan stigma negatif. Orang-orang yang mencari bantuan profesional seringkali dianggap memiliki masalah luar biasa, tidak jarang mereka dianggap gila atau mengalami gangguan tertentu. Padahal, konsultasi dengan psikolog memiliki cakupan yang luas. Beberapa fakta mengenai orang-orang yang mencari bantuan psikologis sebagai berikut:

  • Mereka mengetahui pentingnya mencari bantuan

Jika terdapat stigma di masyarakat jika hanya mereka yang lemah yang mencari bantuan, sebenarnya meminta bantuan merupakan bentuk dari kekuatan. Ketika seseorang menyadari bahwa ia mengalami masa-masa sulit dan tidak bisa menghadapinya sendiri, dibutuhkan banyak kesadaran dan kekuatan untuk mengakui bahwa kita membutuhkan bantuan. Hanya mereka yang kuat dan sadar akan pentingnya mencari bantuan yang akan mencari bantuan profesional.

  • Mereka tidak selalu didiagnosa mengalami gangguan mental

Bantuan profesional seperti konsultasi psikologis ataupun terapi tidak hanya diperuntukkan bagi mereka yang mengalami gangguan mental. Konsultasi psikologis sangat terbuka bagi mereka yang ingin didengar tanpa dihakimi. Psikolog hadir untuk membantu klien mengenali diri mereka lebih baik, melihat perspektif baru dalam menghadapi masalah, memberikan klien tools yang dapat digunakan dalam proses bertumbuh atau menghadapi masalah. Psikolog hadir untuk membantu klien menjalani hidup yang lebih baik dan sehat. 

  • Mereka tidak selalu melalui peristiwa tragis / masalah luar biasa

Alasan klien menemui psikolog berbeda-beda. Terkadang, klien datang karena menghadapi peristiwa penting dalam hidup mereka, seperti contohnya kematian keluarga atau perceraian. Namun, tidak sedikit pula klien yang mencari bantuan psikolog untuk mengembangkan diri, contohnya mungkin klien menemui psikolog untuk membantu mereka menemukan tujuan atau arah hidup yang baru, merubah kebiasaan buruk, atau mengatasi masalah dalam hubungan personal. Sehingga, kamu tidak selalu harus melalui peristiwa tragis / masalah luar biasa untuk menemui psikolog.

Bagikan artikel ini

Posting Terbaru

Anda mungkin juga menyukainya

illustration right side 1
curhat line