FAQs
  1. Data pribadi apa sajakah yang harus saya isi?

kamu tidak perlu memasukkan tanggal lahir, tempat tinggal, dan jenis kelamin jika kamu memilih untuk tidak memasukkannya. Bio kamu juga dapat tetap kosong dan foto tidak diperlukan. Tapi, nama dan alamat email tetap diperlukan.

  1. Bagaimana cara untuk mengedit profil saya?

Kamu bisa mengubah data pribadi di halaman akunmu secara langsung.

  1. Bagaimana cara untuk mengubah password?

kamu dapat mengubah kata sandi kamu dengan keluar dari akun dan mengeklik tautan ‘Forgot your password?’ di layar masuk. kamu harus memasukkan alamat email yang telah kamu daftarkan akunnya dan klik ‘Reset password’. kamu akan menerima email dengan tautan untuk membuat kata sandi baru. Setelah itu, kamu dapat masuk kembali dengan kata sandi baru kamu.

  1. Apakah data saya aman?

Data kamu disimpan secara anonim di server yang aman. Kami tidak membagikan data ini kepada siapa pun. Kamu dapat membaca tentang informasi ini secara ekstensif di halaman Kebijakan Privasi website ini. 

  1. Siapa saja yang bisa mengakses data saya?

Semua praktisi yang terhubung denganmu memiliki akses ke semua data yang kamu masukkan. Tim HatiPlong dan NiceDay juga dapat melihat data kamu saat kamu terhubung dengan mereka. Selain kami, tidak ada orang lain yang dapat mengakses data kamu.

  1. Bagaimana cara menghapus akun saya?

Kamu tidak bisa menghapus akun sendiri. Jadi, hubungi tim HatiPlong melalui email kami dengan permintaan untuk menghapus akun. Kami akan segera menghapus akun dan semua data kamu. 

  1. Bagaimana cara membuat pengingat untuk membuat pendaftaran?

kamu dapat mengatur pengingat untuk semua pelacak. kamu dapat melakukan ini dengan membuka tab ‘Track’ dan mengetuk pelacak yang ingin kamu aktifkan pengingatnya. Ketuk ikon jam/alarm di kanan atas untuk mengatur pengingat untuk membuat pendaftaran. kamu kemudian akan menerima pemberitahuan di ponsel kamu pada waktu yang ditentukan. Ini adalah langkah-langkahnya:

  • Klik  ‘Tambahkan pengingat’

  • Isi judul pengingat di ‘Tambahkan judul’’ 

  • Kamu dapat mengatur waktu awal dan akhir kegiatannya

  • Kamu juga dapat menyesuaikan pengaturan untuk menampilkan pengingat beberapa kali.

  • Ada beberapa pilihan untuk seberapa sering pengingat ini muncul. Kamu dapat mengatur pengingat untuk muncul setiap hari, setiap minggu, setiap bulan atau pada jangka waktu khusus. Ketika kamu memilih ‘Kustom’, kamu dapat mengatur seberapa sering (1x setiap dua minggu, misalnya) kamu ingin menerima pemberitahuan, pada hari apa (Senin-Minggu) dan kapan pengulangan harus berakhir (tidak pernah, di sore hari, atau setelah x jumlah pengulangan).

  • Jangan lupa pastikan tombol di samping ‘Pemberitahuan’ menyala hijau jika kamu ingin mendapatkan pengingat di ponsel mu.

  1. Apa itu Daftar Pikiran (Thought Record)?

Psikolog profesional kami akan menjelaskan fungsi dan cara mengisi Daftar Pikiran saat kamu mulai menggunakannya. 

  1. Bagaimana cara saya mengirim permintaan untuk menghubungi Psikolog saya? 

Di bawah bagian ‘Dukungan’ (Support), kamu akan menemukan tab ‘Kontak’ (Contacts).

  • Ketuk tanda ‘+’ di kanan atas.

  • Masukkan nama profesional kamu di kolom pencarian sesuai dengan nama Psikolog yang kamu pilih saat melakukan reservasi di website HatiPlong (www.hatiplong.com). Ketuk profil Psikolog yang sesuai, llalu pilih ‘Kirim permintaan hubungan ‘ (Send connection request).

  • Kamu sekarang akan mendapatkan pop-up dengan teks: 

  • ‘Apakah kamu yakin ingin mengirimkan permintaan hubungan ke Psikolog ini?’ Jika sudah yakin, kamu bisa klik ‘Ok’. Jika kamu telah memilih profesional yang salah, kamu dapat mengklik ‘Batal’. Permintaan koneksi tidak akan dikirim.

  1. Bagaimana cara saya mengirim pesan untuk Psikolog saya?

Di bawah bagian ‘Dukungan’, kamu akan menemukan tab ‘Obrolan’. Di sini, kamu bisa melihat semua obrolan yang kamu lakukan di NiceDay. Klik chatnya untuk melihat percakapannya. Disana kamu juga bisa melihat obrolan yang telah terjadi maupun jika kamu ingin mengirim pesan baru. Untuk mengirim pesan, ketuk kolom bertulisan ‘Ketik disini’.

  1. Bagaimana cara memulai video call di aplikasi NiceDay?

Di kanan halaman chat, kamu dapat menemukan dua ikon. Ketuk salah satu dari dua ikon untuk memulai percakapan.

Ketuk ikon pertama (📞) untuk menelepon Psikolog kamu.

Ketuk ikon kedua (📹) untuk melakukan video chat dengan Psikolog kamu.

  1. Di manakah saya bisa membaca catatan pertemuan?

Di bawah menu ‘Track’, kamu akan menemukan tombol ‘Catatan Pertemuan’ (Meeting notes). Klik tombol itu dan kamu akan melihat overview catatan dari pertemuanmu dengan Psikolog. Kamu akan melihat catatan yang kamu buat sendiri dan juga dokumen yang telah dibuat oleh Psikolog kamu. Kamu bisa membaca atau mengubah catatan ini dengan cara klik catatan yang tersebut.

  1. Bagaimana cara saya membuat ‘Catatan Pertemuan’ (Meeting notes)?

Kamu bisa menambahkan catatan pertemuan hanya dengan mengklik tombol ‘+’ di sudut kanan atas layar kamu. 

  1. Bagaimana cara saya mengaktifkan Penghitung Langkah (Pedometer)?

Penghitung Langkah NiceDay disinkronkan dengan aplikasi penghitung langkah yang ada di ponsel kamu. Untuk mengaktifkannya kamu harus melakukan hal-hal berikut:

  • Android: Instal aplikasi Google Fit di ponsel kamu. Tanpa aplikasi ini, kamu tidak bisa menggunakan penghitung langkah.

  • iOS: Berikan akses untuk sensor langkah kamu pada aplikasi Health. Dengan cara ini, kamu bisa mengaktifkan pedometer!

  1. Bagaimana cara saya menentukan target langkah?

Kunjungi Penghitung Langkah (Pedometer) kamu melalui tombol ‘Track’. Ketuk lambang Bendera () di sudut kanan atas. Lalu, nyalakan pilihan ‘Tetapkan target’. Klik tombol ‘SLangkah per hari’ dan masukkan jumlah langkah yang ingin kamu ambil perhari. Klik ‘Simpan’ di sudut kanan atas dan klik juga ‘Simpan’ di bawah. Dengan cara ini, NiceDay bisa langsung melacak ketika kamu sudah mencapai target kamu!

  1. Kenapa saya tidak bisa menyimpan Pengingat (reminder)? 

Kamu tidak bisa memasang beberapa pengingat secara bersamaan. Ketika memasang pengingat, perhatikan waktunya dan pastikan tidak ada lebih dari satu pengingat di waktu yang bersamaan. 

  1. Bagaimana caranya menambahkan kegiatan yang sudah berlalu di daftar kegiatan? 

Kamu hanya bisa merencanakan kegiatan di Perencanaan aplikasi NiceDay untuk tanggal dan waktu di masa mendatang. Jika kamu ingin menambahkan kegiatan yang sudah dilakukan, kamu bisa menuliskannya di Buku harian. Di sini, kamu bisa menuliskan kegiatan di waktu yang sudah lampau.

  1. Bisakah saya menggunakan aplikasi NiceDay tanpa konsultasi?

Pastinya bisa! Kamu bisa menggunakan aplikasi NiceDay sendiri untuk buku harian, untuk menuliskan perasaan kamu, atau untuk memasang pengingat kegiatan. Jika kamu tidak terhubung dengan Psikolog dari HatiPlong atau tim NiceDay, tidak ada yang bisa membuka data registrasi kamu.

  1. Bisakah saya terus menggunakan aplikasi setelah selesai masa konsultasi?

Bisa, dong! Misalnya, kamu ingin menggunakan aplikasi ini untuk pencegahan kekambuhan di masa mendatang. Dengan melihat daftar perencanaan kamu, kamu bisa melacak sendiri perkembangan kondisi kamu. Tapi, tentu saja, kamu tidak harus melakukan ini. kamu dapat memilih untuk menghapus aplikasi setelah selesai masa konsultasi kamu.


  1. Bisakah saya menggunakan aplikasi NiceDay di komputer/tablet?

Bisa, kok! Kamu bisa melakukan video call melalui NiceDay web environment (laman di browser). Tapi, harap diingat bahwa fitur yang tersedia di laman browser cukup terbatas untuk melakukan video call. Sedangkan untuk fungsi lainnya seperti Buku harian, Trackers, atau Pencataan pikiran, kamu tetap harus menggunakan aplikasi NiceDay di ponsel. Selain itu, bahasa yang tersedia dalam situs hanyalah bahasa Inggris.

  1. Bagaimana cara saya update aplikasi NiceDay? 

Kamu bisa update aplikasi NiceDay melalui AppStore atau PlayStore di ponsel kamu. Aplikasi ini biasanya akan terupdate secara otomatis, tapi sebaiknya kamu cek secara berkala jika update manual diperlukan. Aplikasinya akan berfungsi lebih baik dengan update terbarunya!

  1. Bagaimana caranya meningkatkan kualitas video call?

Pastikan kamu memiliki jaringan internet yang cukup memadai. Misalnya, kamu bisa meningkatkan kualitas jaringan internet ini dengan cara mengurangi penggunaan jaringan Wi-Fi di perangkat lain atau menggantinya dengan jaringan 4G.

  1. Apakah saya tetap menerima panggilan jika saya tidak aktif menggunakan aplikasi NiceDay?

Iya, kamu juga bisa menerima panggilan melalui notifikasi meskipun kamu tidak aktif menggunakan aplikasinya. Sebaiknya, kamu tetap membuka aplikasi selama waktu konsultasi agar tetap bisa melihat jika ada panggilan masuk.

  1. Apakah saya bisa mengubah bahasa di aplikasi NiceDay?

Saat ini, aplikasi NiceDay hanya tersedia dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Bahasa ini akan langsung menyesuaikan dengan pengaturan bahasa di perangkat kamu. Jadi, jika kamu ingin mengubah bahasa yang digunakan, kamu bisa mengaturnya dari pengaturan bahasa perangkat kamu.

  1. Apakah aplikasi NiceDay bisa digunakan di semua jenis ponsel?

Kamu bisa menggunakan aplikasi NiceDay di hampir semua jenis ponsel. Di AppStore atau PlayStore, kamu bisa melihat versi software mana yang menjadi batas minimal ponsel kamu.

Untuk iOS batasnya adalah iOS 10, dan untuk Android batasnya adalah Android 7 (aplikasi ini juga bisa beroperasi di Android 5 dan 6, tapi fungsinya tidak akan sebaik di Android 7).

  1. Bagaimanakah caranya mendapatkan bantuan teknis?

Jika kamu mengalami masalah dengan aplikasi NiceDay, kamu bisa mencoba restart atau menginstal ulang (reinstall) dan memastikan bahwa kamu punya jaringan internet yang memadai. 

Jika masih belum berhasil, jangan ragu untuk menghubungi tim NiceDay di  cs@35.219.68.118

  1. Apa yang harus saya lakukan jika tidak bisa menerima notifikasi dari aplikasi NiceDay?

Kamu dapat memeriksa pengaturan notifikasi NiceDay di aplikasinya (di roda gigi di sebelah profil kamu) dan di pengaturan ponsel kamu. Pastikan tombol hijau di bagian ‘Pemberitahuan’ menyala. Jika pengaturan penerimaan notifikasi dimatikan, kamu bisa mengaktifkannya untuk menerima notifikasi. Saat notifikasi push sudah diaktifkan, kamu dapat mematikan dan mengaktifkannya lagi. 

  1. Apa yang harus dilakukan jika aplikasi NiceDay di ponsel saya crash?

Kamu bisa mencoba update aplikasinya melalui AppStore atau PlayStore. Jika masih gagal, kamu bisa juga mencoba menginstal ulang (reinstall) aplikasi NiceDay. Kalau masih belum berhasil, ayo hubungi kami di  cs@35.219.68.118.

  1. Di mana saya bisa memberikan kritik dan saran tentang aplikasi NiceDay? 

Kami sangat menerima kritik dan saran kamu! Kirim kritik dan saran kamu melalui chat message di aplikasi NiceDay atau email ke  cs@35.219.68.118.

  1. Bagaimana caranya mematikan mikrofon ketika video call di aplikasi NiceDay?

Selama video call, kamu bisa mematikan mikrofon dengan cara mengetuk icon microphone di bagian bawah layar. Jika icon-nya berwarna merah, berarti microphone kamu sudah mati. 

  1. Bisakah saya melihat data pencatatan (buku harian, daftar pikiran, trackers)  saya selama video call?

Jika kamu melakukan video call melalui NiceDay web environment (laman di browser), kamu bisa mengakses daftar pencatatan kamu melalui ponsel selagi melakukan video call tersebut. Tapi, jika kamu melakukan video call melalui ponsel, kamu belum bisa membuka data pencatatan selagi melakukan video call. 

  1. Apa yang harus saya lakukan jika kualitas video tidak stabil selama video call?

  • Langkah 1: Biasanya, kualitas video yang tidak stabil disebabkan oleh koneksi internet kamu atau Psikolog kamu yang kurang stabil. Jadi, coba periksa koneksi internet kamu dan berganti antara koneksi 4G dan Wi-Fi untuk mendapatkan koneksi lebih baik. 

  • Langkah 2: Jika masih belum berhasil kamu bisa mencoba menutup dan membuka kembali aplikasi NiceDay. 

  • Langkah 3: Koneksi kadang juga dapat lebih baik jika kamu yang memulai video call dan bukan Psikolog kamu, jadi, coba juga langkah ini, ya!

  • Langkah 4: Periksa apakah kamu telah memberikan izin di ponselmu untuk penggunaan kamera dan mikrofon di aplikasi NiceDay. Setelah aplikasi ini di-update, ada kemungkinan kamu harus memberikan izin lagi.

Izin ini bisa kamu periksa melalui:

  • iOS: Pengaturan > Privasi > Kamera dan Mikrofon > nyalakan slider di bagian aplikasi NiceDay.

  • Android: Pengaturan > Aplikasi > NiceDay > Izin > Kamera dan mikrofon harus aktif.

  • Langkah 5: Apakah kamu masih mengalami masalah? Hubungi tim NiceDay melalui aplikasi, atau kirim email ke  cs@35.219.68.118. Kami akan membantumu dengan senang hati! 

  1. Apa yang harus saya lakukan jika video call saya berhenti setiap beberapa menit sekali?

Hal ini mungkin disebabkan karena ponsel kamu terkunci setiap beberapa menit sekali dan menjadikan koneksinya harus terhubung ulang secara terus menerus. Kamu bisa mencegah ini dengan cara menyentuh layar setiap beberapa menit sekali atau mengubah pengaturan ponsel kamu dengan cara:

  • iOS: Pengaturan > Pengaturan > Tampilan dan kecerahan > Pastikan bahwa kunci otomatis tidak diaktifkan. 

  • Android: Pengaturan > Layar > Nonaktifkan pengaturan kunci otomatis.