Share with on:

Keterampilan dalam Mengobrol

vector dot 1
Keterampilan dalam Mengobrol

Hai SobatPlong! Yuk kita bahas tentang keterampilan dalam mengobrol ūüôā

Pertama, kita bahas dulu arti dari kata mengobrol yang berasal dari kata obrol.

Berdasarkan KBBI, obrol/mengobrol artinya bercakap-cakap atau berbincang-bincang secara santai tanpa pokok pembicaraan tertentu. Banyak orang masih menyamakan antara obrol dan omong. Omong artinya berbicara (belum tentu ada perbincangan tentang suatu topik).

Kita adalah makhluk sosial yang pasti tidak lepas dari interaksi/komunikasi dua arah.

Dalam berinteraksi, kita tidak selalu menemukan partner mengobrol yang cocok/klop/satu frekuensi. Kenapa ya bisa begitu? Kita bahas keterampilan dalam mengobrol di bawah ini ūüôā

Konsultasi dengan psikolog sekarang

Keterampilan dalam mengobrol adalah keterampilan yang membantu Anda memperhatikan partner ngobrol Anda.

Saat sedang mengobrol coba lakukan hal di bawah ini:

  1. Biarkan Orang Lain Selesai

Membiarkan orang lain selesai berbicara akan memberi Anda lebih banyak wawasan. Ini juga mencegah Anda berbicara pada saat yang sama, yang dapat membuat percakapan menjadi kacau. Anda dapat melewatkan informasi ketika Anda tidak membiarkan satu sama lain selesai berbicara, yang dapat menyebabkan miskomunikasi. Perselisihan juga dapat dicegah dengan cara ini.

  1. Menanyakan Pertanyaan

Ada 2 tipe pertanyaan:

    • Pertanyaan tertutup:

Sebuah pertanyaan tertutup adalah pertanyaan yang Anda dapat memberikan dua atau tiga jawaban. Pertimbangkan, misalnya: ‚ÄúApakah Anda bekerja?‚ÄĚ. Anda dapat menjawab ‚Äúya‚ÄĚ atau ‚Äútidak‚ÄĚ untuk ini.¬†Keuntungan¬†dari pertanyaan tertutup adalah Anda dapat mengontrol percakapan.¬†Kerugiannya¬†adalah seseorang sering menjawab dengan singkat dan padat, sehingga Anda dapat melewatkan informasi.

    • Pertanyaan-pertanyaan terbuka:

Pertanyaan terbuka biasanya dimulai dengan kata-kata:¬†‚Äėapa‚Äô, ‚Äėdi mana‚Äô, ‚Äėmengapa‚Äô dan ‚Äėkapan‚Äô. Misalnya, alih-alih: ‚ÄúApakah Anda bekerja?‚Äú, Anda dapat bertanya ‚ÄúDi mana Anda bekerja?‚Äú. Dengan mengajukan pertanyaan ini, Anda tidak hanya akan mengetahui apakah seseorang bekerja, tetapi juga di mana orang tersebut bekerja.¬†Keuntungan¬†dari pertanyaan terbuka adalah mereka memberikan banyak informasi.¬†Kerugiannya¬†adalah informasi kurang spesifik atau relevan.

  1. Mendengarkan Orang Lain

Mendengarkan seringkali merupakan bagian yang sulit dari komunikasi.  Mendengarkan dan menerima apa yang dikatakan dengan sungguh-sungguh, terjadi terlalu sedikit. Cobalah untuk fokus mendengarkan apa yang dikatakan seseorang. Anda dapat melakukan ini dengan mengulanginya sendiri di akhir cerita. Ini membantu membuat Anda lebih sadar akan informasi yang mereka berikan kepada Anda.

  1. Sesuaikan Style Anda dengan Orang Lain

Hal ini penting untuk memastikan bahwa pesan Anda dikomunikasikan dengan baik. Misalnya, cobalah untuk tidak menggunakan kata-kata yang terlalu sulit untuk anak. Akan lebih mudah untuk mengajukan pertanyaan yang lebih tertutup kepada anak-anak.

  1. Silences/Keheningan

Keheningan selama percakapan bisa menjadi pengalaman yang tidak nyaman, tetapi juga penting. Diam memberi Anda waktu untuk merenungkan apa yang telah dikatakan. Cobalah untuk tidak mengisi keheningan ini, dan dengan sengaja memperkenalkan keheningan sesekali selama percakapan.

Bagaimana cara saya berlatih?

Berlatihlah di lingkungan yang nyaman bagimu dan perhatikan teknik-teknik yang tercantum di atas. Misalnya, tanyakan pada diri sendiri: ‚ÄúApakah aku melihat orang itu ketika mereka berbicara?‚Äú. Atau: ‚ÄúApakah aku benar-benar mendengarkan apa yang mereka katakan kepadaku?‚ÄĚ. Jika SobatPlong merasa sulit untuk mengenali keterampilan ini dalam diri Anda, Anda dapat meminta umpan balik dari lawan bicara Anda. Misalnya, tanyakan: ‚ÄúBagaimana obrolan kita ini?‚ÄĚ. Atau: ‚ÄúApakah ada yang terlewatkan?‚ÄĚ, ‚ÄúApa kamu melewatkan sesuatu dariku?‚ÄĚ. Umpan balik seringkali sangat informatif karena membantu Anda¬†menyadari¬†hal-hal yang Anda¬†kuasai¬†dan hal-hal yang¬†perlu Anda tingkatkan.

Selama sobatPlong sedang mengobrol di kemudian hari, Anda dapat memperhatikan apakah Anda menggunakan keterampilan ini.

Jika masih kesulitan dalam mengaplikasikan keterampilan dalam mengobrol, diskusikan ini dengan Psikologmu untuk mendapatkan solusi yang tepat dalam mengatasi ini.

Konsultasikan dengan psikologmu sekarang dengan psikolog HatiPlong

Referensi :

Bagikan artikel ini

Posting Terbaru

Anda mungkin juga menyukainya

illustration right side 1
curhat line