Apakah Self-care Sama Dengan Healing?

Seringkali kita dengar banyak orang berusaha untuk menghabiskan waktu dan uang dengan berjalan-jalan dan berbelanja dengan tujuan yang mereka sebut dengan healing. Namun apakah sebenarnya healing itu? Apakah jalan-jalan dan belanja memang sudah cukup untuk dapat mencapai tujuan dari healing yang sebenarnya? Sebenarnya ada lagi nih satu konsep yang dianggap sama namun ternyata berbeda loh maknanya, yaitu self-care. Yuk kita bahas lebih lanjut mengenai apa sih perbedaan healing dan self-care.

Konsultasi dengan psikolog sekarang

Menurut Tchiki Davis, MA, PhD, healing merupakan proses pemulihan dari masalah fisik dan psikologis. Proses healing biasanya dilakukan untuk mengatasi trauma, depresi, kecemasan, dan stres. Sedangkan Self-care menurut WHO, adalah kemampuan individu, keluarga, serta komunitas untuk meningkatkan dan menjaga kondisi kesehatan, mencegah penyakit fisik dan mental, serta menanggulanginya dengan atau tanpa penyedia layanan kesehatan. Self-care mencakup masalah kebersihan (secara umum dan personal), nutrisi (tipe dan kualitas makanan yang dimakan), gaya hidup (aktivitas olahraga, rekreasi), faktor lingkungan (kondisi tempat tinggal, kebiasaan masyarakat), sosio-ekonomi (tingkat penghasilan, keyakinan budaya), dan medikasi diri.  

Dengan demikian, healing merupakan hal yang lebih kompleks dari yang kita kira, karena membutuhkan proses dalam menemukan akar permasalahan psikologis dan memulihkan kesehatan mental yang bermasalah. Healing adalah memahami dan menyelesaikan masalah hingga ke penyebab utamanya.  Sedangkan self-care merupakan cara kita untuk mempertahankan kondisi kesehatan agar tetap baik dengan rutinitas pola hidup sehat sehari-hari. 

Healing untuk masalah psikologis yang ringan dapat dilakukan sendiri (self healing) dengan journaling, menjaga pola hidup sehat, melakukan latihan teknik pernapasan, meditasi namun akan membutuhkan komitmen kuat berupa motivasi, waktu dan usaha sehingga dapat memiliki keterampilan baru mengelola masalah. Namun healing akan lebih optimal dengan bantuan profesional karena terkadang klien belum dapat melihat masalahnya sendiri secara holistik atau objektif. Tidak ada satu metode yang dianggap paling tepat sebagai healing seseorang karena tergantung pada konteks atau latar belakang masing-masing individu dan model treatment yang digunakan. 

Self-care sendiri adalah proses yang kita butuhkan untuk merawat kesehatan dan mencintai diri. Self-care bukan hanya merupakan satu kegiatan atau keterampilan saja, melainkan beberapa tugas bervariasi yang disesuaikan dengan kebutuhan individu. Karena setiap orang berbeda, maka kebutuhan masing-masing individu pun tidak bisa disamakan dan sifatnya subjektif. Yoga mungkin sesuai untuk beberapa orang, tetapi belum tentu sesuai untuk orang lain. 

Self-care merupakan proses berkelanjutan untuk secara proaktif mempertahankan kesehatan. Terkadang ketika kita hidup bersama dengan orang lain, kita lupa untuk melakukan self-care yang sesuai kebutuhan kita sendiri. Ketika pengabaian itu berlangsung terus-menerus maka akan menimbulkan penurunan pada kesehatan dan kecintaan diri kita sendiri (self-love), misalnya menjadi cemas, marah, lelah, atau mudah tersinggung. Hal ini juga dapat mengakibatkan penurunan kualitas tidur, kepuasan dalam hubungan dengan orang lain atau pekerjaan, dan kepercayaan diri. Kondisi menghadapi stres sehari-hari tanpa disertai self-care yang cukup dapat menimbulkan depresi. 

Self-care juga tidak perlu mahal. Beberapa cara yang dapat dilakukan yang termasuk dalam self-care adalah: meluangkan waktu untuk bertemu orang-orang yang dapat meningkatkan perasaan positif, berolahraga, makan makanan sehat, membatasi penggunaan gadget, jalan-jalan, mengelola waktu (agar tidak stres ketika tugas atau pekerjaan menumpuk kemudian), serta mengekspresikan perasaan secara sehat (termasuk tertawa dan menangis secukupnya pun juga termasuk self-care loh!). Tidak perlu mahal kan? Yuk mulai kita terapkan dalam keseharian kita agar kondisi mental kita tetap terjaga dengan baik.

Oh ya, untuk membantu proses healingmu, beberapa self-care bisa kamu lakukan menggunakan fitur yang ada di apps NiceDay kami lho! Misalnya journaling, tracker untuk mencatat makanan sehat yang kamu konsumsi harian, pengingat untuk berolahraga, pencatatan mood dan perasaan, serta tracker lainnya yang bisa kamu manfaatkan untuk membantu proses healingmu dengan lebih efektif. Selamat mencoba!

Lihat artikel psikologi lainnya