Apa Itu Burnout

Burnout adalah kondisi kelelahan tubuh dan pikiran karena tekanan kerja yang tinggi (bertahun-tahun) dalam durasi yang lama atau adanya  kondisi (pekerjaan) yang membuat stres. Contohnya adalah tuntutan yang tinggi di tempat kerja, koordinasi yang tidak lancar sesame rekan kerja  atau suasana tegang terus-menerus di tempat kerja. Tipe orang yang perfeksionis atau ambisius sangat berisiko mengalami burnout ini. Bukan hanya pekerjaan, kondisi burnout ini juga dapat muncul dalam situasi stres, misalnya saat menghadapi hubungan jangka panjang atau masalah keluarga.

Tekanan psikologis dalam waktu yang lama rentan menyebabkan burnout. Proses biologis memainkan peran utama dalam terjadinya kondisi ini. Ketika proses biologis tertentu diaktifkan berulang kali untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar, seperti produksi hormon stres, maka hal itu akan berefek pada otak kita. Akibatnya, kemampuan kamu untuk mengatasi stres menurun seiring waktu dan terjadi peningkatan resistensi terhadap upaya menyelesaikan masalah karena merasa tidak sanggup lagi. Kondisi inilah yang kemudian dikenal dengan burnout.

Bagaimana perasaan kamu ketika kamu burnout?

Ketika burnout, kamu merasa lelah atau sangat lelah. Bahkan mungkin kamu hampir tidak bisa bekerja lagi. Meskipun demikian, orang yang mengalami burnout seringkali terus bekerja sampai tidak mampu lagi. Setelah itu, kamu mungkin akan menyadari bahwa kamu telah berjuang dengan pekerjaan selama beberapa waktu. Sistem stres kamu yang terlalu aktif ternyata dapat membuat kamu merasa kurang waspada, sehingga tidak dapat lagi menangani stres sebanyak sebelumnya, serta mengalami penurunan kemampuan berkonsentrasi dan mengingat. Kamu juga mungkin menderita sakit kepala, masalah tidur dan hipersensitivitas terhadap rangsangan, keramaian dan kebisingan. Seringkali, kamu tidak memiliki energi untuk melakukan aktivitas dan kamu kesulitan untuk berusaha. Kamu mungkin kesulitan untuk memotivasi diri sendiri dan dapat mengalami suasana hati yang tidak enak. Kondisi ini akhirnya memang menantang untuk bisa pulih kembali.

Apa faktor risiko untuk mengembangkan burnout?

Burnout disebabkan oleh interaksi antara keadaan (pekerjaan) dan karakteristik pribadi. Di tempat kerja, kamu mungkin harus menghadapi tekanan kerja yang tinggi, konflik di tempat kerja, (terlalu) sedikit kendali atau ketidakpastian atas apa yang diharapkan dari kamu. Dalam hal karakteristik pribadi, terlalu terlibat dalam pekerjaan kamu dan mengalami kesulitan mengatakan ‘tidak’ dapat secara signifikan berkontribusi pada kondisi burnout. Kamu mungkin seorang perfeksionis dan pekerja keras. Akibatnya, kamu sering disibukkan dengan pekerjaan di luar jam kerja, kamu kesulitan menerima kritik dan menjadi jengkel ketika sesuatu tidak berjalan sesuai rencana.

Hubungi kami jika Anda menginginkan bantuan untuk mengatasi burnout

Menangani Burnout

Dalam menangani burnout, kamu dan terapis akan melihat kondisi pribadi (stres dan kemampuan relaksasi), gaya hidup, pikiran dan situasi yang berkontribusi pada keluhan kamu dan lingkungan kerja kamu. Kamu akan belajar untuk mengetahui batasan kamu dan bagaimana kamu dapat menetapkan batasan itu suatu hari. Kamu dapat membaca lebih lanjut tentang seperti apa penanganan burnout di artikel: https://niceday.app/en/library/treatment-of-a-burnout/

Sumber:

Keijsers, G. P. J., Van Minnen, A., Verbraak, M., Hoogduin, C. A. L. & Emmelkamp, ​​P., (2017). Protocollaire behandelingen voor volwassenen bertemu psychische klachten.

Sumber : What is a burnout ?