Tips Untuk Mengatasi Stress Pekerjaan

Tips untuk Mengatasi Stress Pekerjaan

Hampir setiap orang mengalami stres di tempat kerja dari waktu ke waktu. Namun, ketika stres terus menerus terjadi dalam jangka waktu yang lama, hal ini bisa menyebabkan munculnya beberapa keluhan lain. Nah, berikut adalah sejumlah tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi stres demi mencegah keluhan jangka panjang.

  1. Pastikan kamu memiliki keseimbangan yang baik antara bekerja dan istirahat
    Setelah mengalami stress, kamu harus memberi waktu untuk rileks bagi diri sendiri. Ketika kamu sedang menenangkan diri, cobalah untuk tidak melakukan kegiatan yang berkaitan dengan pekerjaanmu. Dengan memberi waktu rileks bagi diri sendiri, kamu akan mengurangi resiko untuk melampaui batas diri sendiri dan menjadi terlalu lelah saat bekerja. Kamu bisa mencoba rileks dengan latihan relaksasi.
  2. Berani mengatakan “tidak”
    Belajar untuk mengatakan “tidak” bisa menghemat banyak waktu dan energimu. Kamu bisa mulai mengatakan “tidak” untuk sesuatu yang kecil, atau berlatih dengan orang lain dulu agar lebih mudah melakukannya. Setelah itu, kamu bisa mulai menerapkannya di tempat kerja. Agar kamu tidak terlalu cepat mengatakan “iya”, kamu bisa meminta beberapa waktu mempertimbangkan pekerjaan saat rekan kerjamu memintamu melakukan sesuatu. Dengan pertimbangan tersebut, kamu bisa memutuskan apakah tugas tersebut bisa dikerjakan atau tidak. Yuk, baca juga artikel tentang bersikap asertif di website ini!
  3. Tetapkan tujuan yang mudah dicapai
    Dengan menetapkan tujuan yang mudah untuk dicapai, kamu lebih bisa mencapai tujuan yang kamu inginkan. Misalnya, bagilah tugas yang harus kamu selesaikan menjadi beberapa sub-tugas. Dengan setiap sub-tugas yang kamu selesaikan, semua tugas akan teratur dan meningkatkan motivasi kamu untuk terus mengerjakan tugas tersebut.
  4. Tetapkan prioritas
    Jika kamu melakukan terlalu banyak tugas pada saat bersamaan, kamu bisa jadi akan kesulitan melakukan semuanya secara efisien dan benar. Tugas mana yang paling penting saat ini? Membuat daftar apa yang menjadi prioritas pada hari itu adalah hal yang penting sekali, karena hal ini memudahkan kamu untuk memiliki gambaran yang jelas dengan daftar tugas pekerjaan yang kamu miliki. Tetapi, daftar jumlah tugas harian tersebut harus realistis ya, dan sebaiknya dikerjakan dari yang mudah terlebih dulu.
  5. Pastikan kamu punya waktu untuk hal-hal menyenangkan selain bekerja
    Kamu bisa mencoba melakukan hal-hal menyenangkan, seperti janjian dengan temanmu atau bahkan pergi jalan-jalan/berlari/bermain sepatu roda melalui hutan. Dengan melakukan aktivitas selain bekerja, kamu dapat menghilangkan kekhawatiran dan memulihkan tenaga untuk kerja keesokan harinya.

Artikel ini diterjemahkan langsung dari:
https://niceday.app/en/library/a-few-tips-to-address-work-stress/