Latihan : ‘Relaksasi Progresif’ oleh Jacobson​

Sejarah Relaksasi Progresif

Latihan Relaksasi Progresif adalah salah satu latihan relaksasi paling terkenal yang pernah ada. Dokter Amerika Edmund Jacobson mengembangkan latihan ini pada tahun 1920-an. Dokter ini menemukan bahwa kegelisahan, kegembiraan, stres, dan kecemasan berhubungan dengan peningkatan ketegangan otot. Misalnya, jika kamu mengalami ketegangan otot, kendalikan stress kamu agar otot tidak tegang.

Arti kata progresif

Metode Jacobson akan merangsang perkembangan progresif. Ini berarti kamu akan memulai dengan memusatkan perhatian sepenuhnya pada satu otot terlebih dahulu, melakukan latihannya, dan barulah mengalihkan  perhatianmu ke kelompok otot yang berbeda. Latihan ini bisa menjadi semakin sulit di setiap tahapnya. Misalnya, kamu memulai dengan tangan dan lenganmu, dan melanjutkannya dengan organ-organ yang berhubungan dengan mulut dan pernapasan.

Tubuh dan pikiran kita berhubungan erat satu sama lain. Oleh karena itu, relaksasi fisik dapat membantu relaksasi mental, dan mengurangi pikiran serta perasaan negatif. Cara yang baik untuk memperoleh relaksasi fisik adalah dengan melakukan latihan relaksasi. Dengan latihan Relaksasi Progresif Jacobson ini, secara satu per satu, kamu akan dapat mengencangkan dan kemudian mengendurkan setiap kelompok otot tubuhmu. Dengan menggunakan metode ini, kamu akan belajar bagaimana caranya merasakan ketegangan pada otot dan juga bagaimana rasa ketidakberadaan ketegangan. Tujuan dari latihan ini adalah untuk belajar melepaskan ketegangan.

Ingin membaca lebih lanjut? Klik di sini untuk kembali ke menu awal.

Artikel ini diterjemahkan langsung dari:

https://niceday.app/en/library/relaxation-exercise-progressive-relaxation-created-by-jacobson/