Gaya Hidup dan Aktivitas Sehari-hari

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang tiga elemen dasar kehidupan sehari-hari, yaitu pola tidur, nutrisi, dan olahraga. Dengan menjaga tubuh yang sehat, kita bisa bekerja menuju pikiran dan kondisi mental yang sehat. Ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan dalam menghadapi tantangan di keseharian kita!

Pola Tidur

Pola dan jam tidur adalah faktor yang sangat penting untuk pemulihan tubuh kita, tetapi jumlah dan jam tidur yang ‘tepat’ bervariasi dari orang ke orang. Secara umum, jumlah waktu tidur terbaik adalah 7 hingga 9 jam per hari.

Jika jumlah jam tidur kita terlalu sedikit, tubuh dan pikiran kita tidak dapat pulih dengan baik, dan kita akan bangun dengan perasaan lelah. Bila terjadi terlalu sering, hal ini dapat mengakibatkan keluhan kesehatan. Keluhan-keluhan tersebut menyebabkan kualitas tidur kita semakin buruk, dan akibatnya menimbulkan keluhan yang lebih banyak lagi.

Hal sebaliknya juga bisa terjadi. Ketika kita tidur terlalu lama, kita menjadi kurang aktif. Hal ini menyebabkan kebugaran tubuh kita menurun dan, akibatnya, kita menjadi lebih cepat lelah. Kita akhirnya tidur lebih banyak karena kita merasa. Lalu, kita akan kelelahan dan menyebabkan penurunan kebugaran lebih lanjut.

Memperbaiki Pola Tidur

  1. Apakah menemukan rutinitas tidur yang efektif sulit bagimu? Tips-tips ini akan membantu kita meningkatkan kualitas tidur:
  2. Di malam hari, jangan makan terlalu berat atau terlalu banyak, tetapi jangan juga terlalu sedikit. Hindari makanan manis dan minuman berkafein seperti teh, kopi, minuman berenergi, dan soda beberapa jam sebelum tidur.
  3. Pastikan bahwa kita berolahraga yang cukup, tetapi tidak tepat sebelum tidur.
  4. Mandi air hangat di malam hari dapat membantu
  5. Cobalah untuk tidak menggunakan ponsel 1 hingga 2 jam sebelum tidur dan hindari layer elektronik lainnya, seperti televisi. Dengan cara ini, tubuh biologis kita bisa lebih siap menghadapi malam.

Olahraga

Selain jumlah dan kualitas tidur yang tepat, olahraga juga merupakan elemen yang tak terpisahkan dari gaya hidup sehat. Biasanya orang dewasa disarankan berolahraga dengan intensitas sedang, setidaknya selama setengah jam dalam 6 hari seminggu, seperti jalan cepat atau bersepeda.

Olahraga itu penting dalam menjaga kebugaran tubuh kita. Selain itu, self-esteem kita juga akan meningkat setelah kita terbiasa merawat tubuh kita dengan lebih baik, mendorong batas diri kita, dan saat tubuh kita merasa semakin sehat dan kuat. Olahraga meningkatkan kondisi pikiran kita, mempengaruhi suasana hati, meningkatkan stamina dan resiliensi, dan dapat membantu kita untuk menjaga pola tidur yang berkualitas.

Tips-tips ini akan membantu kita dalam proses memperbaiki pola olahraga sehari-hari kita:

  1. Pilih tipe olahraga yang kita sukai dan cocok untuk jadwal dan kepribadian kita
  2. Untuk mempertahankan motivasi, carilah teman berolahraga. Kita bisa saling mendukung satu sama lain untuk terus berolahraga!
  3. Bawa sepeda untuk bekerja lebih sering jika memungkinkan. Apakah kamu pergi dengan transportasi umum atau menyetir mobil pribadi? Berhentilah atau parkir sedikit lebih jauh dan lanjutkan perjalanan ke tempat tujuan dengan berjalan kaki.

Nutrisi

Makanan adalah bahan bakar tubuh manusia. Pola makan yang sehat dan bervariasi juga mempengaruhi suasana hati kita karena makanan dapat mempengaruhi zat kimia tertentu di otak yang terlibat dalam proses emosi kita.

Makanan sehat juga bisa menghasilkan pola tidur yang lebih baik. Ketika kita makan secara teratur dan sehat, tubuh kita akan mampu menyerap energi yang cukup untuk berfungsi dengan lebih baik dalam keseharian kita. Energi kemudian akan berkurang di malam hari, sehingga kita mulai merasa lelah dan bisa tidur lebih nyenyak.

Tips untuk memperbaiki pola makan:

  1. Siapkan tiga makanan sehat yang bervariasi setiap hari. Bisa juga mengonsumsi cemilan sehat, seperti wortel, timun, atau buah-buahan.
  2. Cobalah untuk mengurangi konsumsi alkohol dan kafein.
  3. Untuk mengetahui makanan mana yang sehat, kita bisa mengingat lagi Empat Sehat, Lima Sempurna. Dengan mengikuti panduan ini, kita memastikan bahwa tubuh kita mendapatkan nutrisi yang cukup untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Kesimpulan

Kesimpulannya, memastikan bahwa kita mendapatkan tidur yang cukup, olahraga yang teratur, dan pola makan yang sehat adalah dasar dari kesehatan tubuh dan pikiran. Coba lihat di mana kita dapat melakukan beberapa perbaikan dan bila memungkinkan, diskusikan ini dengan dokter atau ahli kesehatan lainnya. Dengan melakukan ini, kita memastikan bahwa kita punya dasar yang kuat untuk pemulihan kita.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang cara menjalani hidup yang aktif dan sehat, yuk, kunjungi library Gaya Hidup di website ini! Jika ada pertanyaan tentang informasi ini, kamu dapat bertanya kepada konselor atau psikolog dalam sesi pribadi!

Sumber

Gezondheidsraad, Voedingscentrum, Hersenstichting, Voedingscentrum Schijf van Vijf, Thuisarts

Artikel ini diterjemahkan langsung dari:

https://niceday.app/en/library/activity-and-lifestyle/