Apa Yang Dimaksud Dengan Kecanduan ?

Sebelum mengatasi kecanduan, kamu harus mengenal dulu apa yang dimaksud dengan kecanduan. Kecanduan atau adiksi adalah kondisi saat seseorang tidak dapat berhenti mengkonsumsi suatu zat atau melakukan sebuah kegiatan. Orang dengan kecanduan akan kehilangan kontrol terhadap perilakunya meskipun hal itu bisa merusak kehidupan rumah tangga, pekerjaan, atau hubungan pertemanannya.

Kecanduan zat atau kegiatan?

Nah, ada dua macam jenis kecanduan, yaitu kecanduan zat seperti alkohol atau obat-obatan, dan kecanduan kegiatan seperti berjudi atau bermain media sosial. Kedua jenis kecanduan ini memiliki gejala dan keluhan yang serupa. Kamu akan selalu memiliki dorongan untuk mengulangi hal yang sama, meskipun kamu menyadari bahwa hal tersebut buruk bagimu.

Ketergantungan fisik dan/atau psikologis

Ketergantungan psikologis dapat terjadi pada hampir semua macam kecanduan zat atau kegiatan. Dorongan untuk menggunakan zat atau melakukan kegiatan yang membuat akan selalu bertambah kuat. Jika kamu mengalami ketergantungan psikologis, maka beberapa
dampaknya adalah kamu akan merasa tidak nyaman atau menjadi gelisah.

Lalu, jenis ke tergantungan lain adalah ketergantungan fisik. Pada jenis ini, kamu akan mengalami yang disebut dengan withdrawal symptoms yang dapat menjadi sangat berbahaya. Karena itu, kamu sangat dianjurkan untuk melakukan rehabilitasi ketergantungan zat dengan pengawasan dokter.

Proses Pemulihan

Apakah kamu mengalami akibat buruk dari kecanduan? Ingin menjalani hidup tanpa mengulangi kesalahan yang sama? Dalam proses
pemulihan bersama HatiPlong, kamu akan diajak untuk mengenal diri sendiri dan mencari apa yang benar-benar penting dalam hidupmu.
Selain itu, kami juga akan memberikan cara-cara untuk mengatasi emosi dan situasi yang tidak nyaman bagimu dengan cara yang baik
dan efektif.

Sumber:
Keijsers, G. P. J., Van Minnen, A., Verbraak, M., Hoogduin, C. A. L. & Emmelkamp, P., (2017). Protocollaire behandelingen voor volwassenen met psychische klachten.
Brijder