Apa Itu Emosi dan Jenis-jenisnya

  • Post category:Pustaka / Umum

Walaupun sering kita dengar dan terlihat cukup sederhana, emosi sebenarnya adalah suatu hal yang kompleks. Ketika kita merasakan emosi, ada banyak hal yang terlibat dalam diri kita. Dalam beberapa dekade terakhir, ada begitu banyak teori yang telah ditulis tentang emosi. Namun singkatnya, emosi adalah keadaan pikiran kita. Kita dapat merasakan satu atau lebih emosi pada saat yang bersamaan, dan setiap emosi menyebabkan reaksi yang berbeda. Dalam Cognitive Behavioral Therapy (CBT), ada lima emosi yang paling umum dirasakan: Bahagia, Marah, Takut, Sedih, dan Malu. Kelima emosi ini relatif mudah untuk diidentifikasi dan dikategorikan. Tetapi, ada juga emosi yang lebih kompleks yang dapat termasuk dalam beberapa kategori, misalnya seperti Cemburu.

Praktek

Dengan menggunakan aplikasi HatiPlong, kamu dapat melacak emosi yang kamu rasakan, misalnya dengan mengisi bagian dalam ‘Catatan Pikiran’. Ketika kamu berada dalam situasi di mana kamu merasakan emosi yang kuat, kamu dapat dengan cepat dan mudah segera melakukan pencatatan tentang emosi yang kamu rasakan. Dengan mengenali situasi apa dan emosi mana yang muncul, kamu akan bisa lebih memahami perasaan kamu sendiri. Dengan begitu, kamu bisa mengambil langkah pertama untuk membuat perubahan yang ingin kamu lakukan dalam dirimu.

Sekilas tentang emosi:

Delft Institute of Positive Design telah meneliti dan mengkategorikan emosi dalam kelompok positif dan negatif. Dalam penelitiannya, Pieter Diesmet telah membuat “Tipologi umum 25 emosi positif” dalam suatu tabel. Nah, kamu dapat melihat emosi mana yang telah diidentifikasi di tabel tersebut. Yuk, selengkapnya di sini!

Referensi:

Yoon, Jay & Pohlmeyer, Anna & Desmet, Pieter. (2013). Embodied Typology of Positive Emotions: The Development of a Tool to Facilitate Emotional Granularity in Design.

Tulisan ini diterjemahkan langsung dari: https://niceday.app/en/library/what-are-emotions-and-which-emotions-exist/