Lakukan Ini Ketika Merasa Mood Berubah dengan Cepat

  • Post category:Pustaka / Umum

Kita perlu menyadari bahwa mood memang dapat berubah, tetapi ketika perubahannya sangat cepat dan sulit untuk dikendalikan, maka hal tersebut perlu menjadi perhatian. Kita perlu melihat lagi dampak dari perubahan mood terutama untuk keseharian kita, baik dalam berpikir, merasa, maupun berelasi dengan orang lain.
Ketika kamu merasa memiliki mood yang cepat berubah dan hal tersebut sudah mengganggu, sebaiknya, segera mengkomunikasikan hal tersebut dengan profesional, seperti psikolog dan psikiater. Hal ini akan membantu lebih efektif dalam mengelola mood. Terapi dari profesional akan disesuaikan dengan kondisi kamu.
Selain itu, mulailah perbaiki kebiasaan sehari-hari untuk membantu pemulihan diri, seperti:
a. Berolahraga
Berolahraga dapat membantu tubuh untuk memproduksi endorfin, sehingga kita merasa lebih baik. Berolahraga juga dapat membantu kita meningkatkan kualitas tidur. Usahakan berolahraga setiap hari secara rutin dalam durasi yang disesuaikan dengan kondisi fisik kita.  
b. Perhatikan Pola Makan dan Minum
Usahakan kita makan dalam porsi yang cukup untuk kebutuhan energi sehari-hari. Makan sedikit tetapi sering lebih disarankan daripada makan banyak sekaligus. Hal ini membantu tubuh dapat memproses makanan dengan lebih teratur terutama kandungan gula di dalamnya dan membantu mood lebih stabil. Selain itu, sebaiknya menghindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol. Kandungan kafein dalam minuman berkaitan dengan meningkatnya kecemasan. Di sisi lain, alkohol dapat meningkatkan kandungan gula dalam darah yang berdampak pada memburuknya perubahan mood. 
c. Tingkatkan Kualitas Tidur
Kualitas tidur, terutama di malam hari cukup signifikan dalam menentukan regulasi emosi dan mood seseorang. Usahakan untuk tidur 7-8 jam sehari. Jika rasanya sulit langsung mencapai kondisi tersebut, maka lakuan perlahan-lahan. Contohnya, usahakan menambah 30 menit sedikit demi sedikit dari durasi awal jika dirasa kurang atau mengurangi 30 menit secara bertahap jika tidur cenderung terlalu lama
d. Praktik Relaksasi
Berlatih teknik relaksasi sederhana untuk membantu menenangkan. Mulailah dari ‘’memelankan’’ hal yang sedang dilakukan, seperti bernafas lebih pelan, berjalan lebih pelan, makan lebih pelan, dan lain-lain. Kamu juga bisa mengikuti kelas meditasi atau yoga untuk membantu menambah keterampilan relaksasi.
e. Mencatat di Jurnal
Kebiasaan mencatat di jurnal membantu kita mengatur kegiatan sehari-hari. Bukan hanya itu, mencatat perasaan dan hal-hal yang menyebabkannya juga membantu kita mengenali diri serta perubahan-perubahan kecil yang terjadi pada diri sendiri. Catatan ini bukan hanya membantu kamu, tetapi juga profesional yang sedang membantumu pulih karena informasi yang diterima lebih detail.
Referensi
Bhandari, S. (2021). Are Mood Swings Normal? Diakses dari https://www.webmd.com/bipolar-disorder/are-my-mood-swings-normal
Medicover Hospital. (2021). Mood Swings. Diakses dari https://www.medicoverhospitals.in/symptoms/mood-swings
Legg, T. J. (2019). What Can Cause Rapid Shifts in Mood?Diakses dari https://www.healthline.com/health/rapid-mood-swings#outlook