Share with on:

Artikel Pustaka

Takut berbicara di depan umum? Anda Mungkin Mengidap Glossofobia

Glossophobia

Pernahkah Anda merasa jantung berdebar kencang, telapak tangan berkeringat, dan pikiran tiba-tiba blank (kosong) saat disuruh berbicara di depan umum? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian! Banyak orang mengalami hal serupa. Ketakutan ini tidak hanya membuat kita gelisah, tapi juga bisa menghambat potensi dan prestasi kita.

Nah, kondisi ini sebenarnya punya nama ilmiah yaitu Glossophobia. Glossophobia berasal dari bahasa Yunani, “glossa” yang berarti lidah dan “phobos” yang berarti ketakutan. Jadi, Glossophobia adalah rasa takut berbicara di depan orang banyak.

Lho, kok orang takut ngomong di depan umum? Penyebabnya bermacam-macam, bisa karena faktor genetik, pengalaman traumatis saat presentasi sebelumnya, perasaan rendah diri terhadap kemampuan berbicara di depan umum orang lain, atau bahkan kekhawatiran dihakimi oleh orang lain.

Gejala Glossophobia bukan hanya rasa gugup dan berkeringat. Gejala lainnya bisa berupa gemetar, sesak napas, pusing, badan gemetar, bahkan mual dan muntah. Wah, sungguh menakutkan jika sampai seperti itu! Tapi, tenanglah! Glossophobia bukanlah penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Ada banyak cara untuk mengatasi rasa takut tersebut lho! Misalnya:

  1. Berlatih secara rutin : Biasakan berbicara di depan teman dekat atau keluarga terlebih dahulu. Semakin banyak Anda berlatih, semakin sedikit rasa takut Anda.
  2. Pelajari teknik berbicara di depan umum: Ada banyak sumber materi dan kursus yang mengajarkan teknik berbicara yang efektif dan menarik.
  3. Fokus pada pesan Anda, bukan audiens: Ingat, tujuan Anda adalah menyampaikan pesan, bukan memamerkan kemampuan berbicara Anda.
  4. Berpikir positif: Yakinkan diri Anda bahwa Anda bisa melakukannya!
  5. Carilah bantuan profesional: Seorang terapis psikologis dapat membantu Anda memahami dan mengatasi akar ketakutan Anda.

Ingat, Glossophobia adalah suatu kondisi yang bisa diatasi. Jangan biarkan ketakutan ini membatasi kemampuan dan kepercayaan diri Anda. Percayalah pada diri sendiri dan jangan ragu untuk mencari bantuan. Public speaking bukan sesuatu yang mustahil untuk dikuasai, kok!

Spesialis HatiPlong kami siap memandu Anda!

Bagikan artikel ini

curhat line