Share with on:

Self-Talk: Bagaimana kita berbicara dengan diri

vector dot 1
Self talk (BLOG)

Self-talk seringkali disebut sebagai “inner voice” atau ‘suara’ di dalam diri kita, atau bagaimana kita berbicara dengan diri kita sendiri. Mungkin sebagian dari kita tidak menyadari ketika sedang melakukan self-talk, namun sebenarnya self-talk merupakan hal yang sangat normal dilakukan oleh semua orang. Ketika kita berpikir, kita menggunakan kata-kata untuk mengungkapkan pikiran kita secara diam-diam kepada diri kita sendiri. Saat itu lah biasanya terjadi dialog dengan diri sendiri atau self-talk

Sayangnya, banyak dari kita tidak menyadari bahwa self-talk bisa memberikan dampak luar biasa pada kehidupan kita. Apa yang kita katakan pada diri kita memengaruhi perasaan, perilaku, dan persepsi kita tentang dunia. Sehingga, baik atau buruknya cara kita berbicara dengan diri sendiri akan sangat memengaruhi kehidupan kita. Self-talk positif dapat membantu kita meningkatkan motivasi, membantu kita mengelola emosi, dan memecahkan masalah. Sebaliknya, self-talk negatif justru dapat menurunkan motivasi serta memperparah emosi negatif yang kita rasakan. 

Mengingat pentingnya self-talk, terdapat 3 langkah sederhana untuk mengontrol inner voice kita:

  • Pahami bahwa self-talk merupakan hal yang normal

Self-talk merupakan hal yang sangat normal dilakukan oleh semua orang.

  • Berhenti sejenak ketika menyadari hadirnya self-talk negatif

Kita tidak dapat mengontrol pikiran apa saja yang muncul dalam benak kita. Namun, kita dapat mengontrol bagaimana respon kita. Ketika kita sadar bahwa self-talk negatif mulai hadir, berhenti sejenak dan tanyakan pada diri: Apakah yang kita katakan pada diri kita benar, atau hanya asumsi kita? Apakah pemikiran itu didasarkan pada kenyataan atau asumsi bahkan bias pikiran?

  • Fokus pada apa yang bisa kita lakukan

Saat berbicara kepada diri sendiri, fokuslah pada apa yang dapat kita lakukan, bukan pada apa yang belum kita lakukan. Motivasi diri kita, ingatkan diri Anda bahwa “kita dapat mengatasi masalah ini.” Tanyakan pada diri sendiri apa hal kecil yang dapat dilakukan untuk perlahan memperbaiki hidup kita / menyelesaikan masalah. 

 

Source: 

Heavey, C.L., & Hurlburt, R. T. (2008). The phenomena of inner experience. Consciousness and Cognition,17(3). doi:10.1016/j.concog.2007.12.006

Bagikan artikel ini

Posting Terbaru

Tipe tipe Komunikasi

Anda mungkin juga menyukainya

illustration right side 1
curhat line